Thursday, April 28, 2016

BERSAMA PMI MELAKUKAN AKSI RUWAT BUMI DI CILIWUNG

Jika selama ini kita mengenal PMI itu yang berhubungan dengan donor darah. Pada hari bumi yang jatuh pada tanggal 22 april, PMI membuktikan bahwa dia bukan hanya ada pada donor darah namun senantiasa ada untuk memberikan pertolongan dan mengungah kesadaran kepada masyarakat.

Pada beberapa waktu yang lalu bertepan pada hari bumi saya bersama dengan tim pmi bogor melakukan aksi ruwat bumi dan susur ciliwung. Pemilihan ciliwung dalam aksi ini karena sungai ciliwung merupaka satu dari 13 sungai besar yang melintasi jakarta dan wilayah penyangga, kondisi sungai ciliwung, semakin hari semakin meprihatikan. Daerah aliran sungai ciliwung dipenuhi oleh pemukiman padat, aliran air yang tercemar limbah padat atau cair dari industri maupun rumah tangga, membuat beban ciliwung semakin padat dan aliran sungainya menjadi tersendat.

Ruwat Bumi sendiri berarti merawat bumi dan usaha mengembalikan kondisi bumi seperti semula. Kegiatan ini dilaksanakan didua lokasi, yaitu Bogor dan Jakarta Utara. Dua lokasi yang dipilih ini merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung. Untuk wilayah Bogor, kegiatan ruwat bumi dimulai dari kelurahan Karadenan dan berakhir di kelurahan Pondok Rajeg, Kabupaten Bogor.

Diacara ruwat bumi ini dihadiri oleh ketua PMI Kabupaten Bogor dan PMI Provinsi Jawa Barat, anggota DPRD Kabupaten Bogor, serta Lurah Karadenan, Kabupaten Bogor. Selain memberikan sambutan diacara pada acara pembukaan diberikan juga secara simbolis pemberian bibit tanaman dan juga pemeberian jutaan bibit ikan.


Setelah pembukaan yang panjang lebar, kami pun beranjak ke tepi sungai ciliwung. Ditepi sungai ciliwung ini kami memyebarkan bibit ikat pada sungai ciliwung. Dengan penebaran bibit ikan ini diharapakan kelestarian sungai ciliwung tetap terjaga.

Setelah sebagian ikan disebarkan tim penyusuran, tim penyusuran sungai pun siap untuk berangkat menyusuri sungai. Untuk menyusuri sungai ciliwung.

Disepanjang penyurusan sungai ciliwung, kami menyebarkan benih-benih ikan supaya benihnya tersebar rata pada sungai ciliwung. Pada sepanjang perjalanan terlihat banyak sampah-sampah yang menyangkut ditepi sungai, hal tersebut tentunya dapat menyebabkan banjir. Nah untuk mencegah hal tersebut supaya tidak terjadi maka tim relawan pmi melakukan aksi pemungutan sampah pada tepi sungai.

Selain melakukan pemungutan sampah tim relawan pmi pun melakukan edukasi kepada masyarakat sekitar sungai untuk menjaga sungai ciliwung supaya tetap bersih.

Ditepi sungai yang disusuru juga dibuatkan lubang-lubang biopori, lubang tersebut diharapkan supaya dapat menyerap air hujan supaya meresap kedalam tanah, sehingga air hujannya nantinya diharapkan akan langsung terserap oleh dilubang biopori.

Pada titik akhir penyusuran, disini dibangun oleh pmi tempat pemilahan dan pengolahan sampah. Dengan adanya tempat ini diharapkan semua sampah dapat diolah sehingga tidak mencemari lingkungan.

Dengan sampainya saya pada titik akhir ini, maka berakhir pula perjalanan saya dalam menyusuri sungai ciliwung. Menurut saya jika ciliwung dibersihkan akan dapat menjadikan ciliwung sebagai objek wisata yang bisa menambah penghasilan masyarakat sekitar ciliwung, karena jika saya melihat disepanjang aliran ciliwung ini alirannya masih asri dengan ditumbuhi banyak tanaman. Tentunya hal tersebut akan dapat berjalan jika didukung okeh masyarakat sekitar dan juga dukungan dari pemerintah.

BERSAMA PMI MELAKUKAN AKSI RUWAT BUMI DI CILIWUNG Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Januar Fadilah

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.