Sunday, February 21, 2016

Waspada Malware Berita Hoax Di Facebook


Selamat pagi semua, pada postingan kali ini saya ingin membahas tentang malware berita hoax yang sudah mulai menampakan dirinya di facebook. Kenapa dia ngincer facebook?
Karena Facebook merupakan jejaring sosial terbesar didunia, pengguna aktif jejaring sosial tersebut hingga milyaran pengguna. Tentu saja dengan potensi jumlah pengguna yang banyak, facebook banyak di manfaatkan oleh oknum yang tak bertanggung jawab untuk meraup keutungan dengan cara kotor, yakni dengan menjalankan akun korban secara otomatis tanpa sepengetahuan korban untuk menyebarkan postingan berbentuk isu-isu yang membuat orang lain penasaran dengan target untuk menuju web sang pemilik malware tersebut. Bagi yang belum mengenal Malware. Jadi malware itu adalah perangkat lunak (software) yang dibuat dengan tujuan merusak sistem tanpa seizin dari pemilik. Jadi malware pada sosial media adalah software yang tujuannya untuk mendapatkan akses sistem tanpa sepengetahuan pemilik, dengan tujuan sesuai dari pembuat software tersebut. 


Tentu saja hal ini sangat berbahaya, karena jika sudah terkena malware, perangkat lunak tersebut akan mengirimkan post menggunakan akun kita secara otomatis tanpa sepengetahuan dari kita. Sehingga kita tidak mengetahui telah mengepost postingan tersebut.

Jika beberapa saat yang lalu malware tersebut memposting link pornografi. Pada perkembangannya kini malware pun beranjak ke ranah berita, yakni dengan memposting berita-berita hoax. Waduh bisa makin bahaya dong jika menyebarkan berita hoax, karena berita hoax adalah berita palsu yang dibuat untuk memperdaya seseoarang. Kenapa sih dia memilih berita hoax? Karena kebanyakan pengguna jejering sosial itu memiliki rasa penasaram yang tinggi. Sehingga berita hoax pun mereka buat karena Dengan mengepost berita hoax maka akun kamu akan memancing untuk semakin banyak korban yang bertambah kedalam perangkap malware tersebut dan akun yang mengklik link yang telah disebarkan oleh malware akan membuat akun yang lain bisa terjebak juga kedalam perangkap malware tersebut sampai-sampai kamu menyadarinya ketika akun kamu terkena blok karena dianggap melanggar persyaratan komunitas dari facebook tentang menyebarkan kebencian. 

Jika kena blokir bisa repotkan, apalagi jika kita sudah punya banyak teman. Jadi malah repot kalau buat baru lagi. Kalau masih diblokir masih mending. Kalau ada temen facebook kita yang melaporkan ke pihak berwenang malah nambah runyam. Karena bisa saja kita dikenakan UU ITE. 

Jadi ada bijaknya kita saring dahulu informasi yang kita dapat didalam sosial media. Karena jika kita sembarangan klik, bukannya informasi yang kita dapatkan, malahan malware yang mengambil alih akun kita.

Biar Gak kena Jebakan Betmen Link Facebook yang di kasih bonus malware, berikut ini adalah tips dari saya supaya akun kamu gak di bajak sama malware:
Pilih Informasi/berita dari official page (halaman resmi pemilik web)
  • Jika yang share perorangan perlu kamu waspadai karena sekarang itu di facebook link yang ditulisan di dalam frame tidak sesuai dengan link yang kita kunjungi, seperti ini contohnya : 
    PosLink Palsu  
    Postingan Link Asli
  • Jika kamu gak sengaja ke klik, langsung kamu close jangan sampai kejebak didalam situs tersebut
  • Jika sudah terlanjur masuk kedalam web tersebut, sebaiknya kamu segera memeriksa aplikasi yang telah kamu beri izin di pengaturan facebook kamu dengan membuka link berikut https://www.facebook.com/settings?tab=applications 
  • Lalu kamu hapus aplikasi yang menurut kamu tidak pernah digunakan.
  • Jangan lupa juga untuk mengubah password kamu.
Sekian untuk postingan kali ini, semoga membantu kamu supaya akun facebook kamu terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan. Sampai ketemu ya di postingan lainnya.


Waspada Malware Berita Hoax Di Facebook Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Januar Fadilah

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.