Monday, February 29, 2016

Makin Kreatif Dengan Internet

Beberapa hari yang lalu saya menghadiri acara detik ngopi pada kamis 25 Februari 2016 yang diadakan oleh detik inet bersama dengan indosat ooredoo yang berlokasi di senayan city.


Pada acara detik ngopi kali ini dengan tema be crative with 4G plus. Dengan pembicara yaitu Pak Sultan Satria (Manager Data Service Product Marketing Indosat Ooredoo), Mba Rini Wulandari (pemenang Indonesian Idol) dan Mas Dennis Adhiswara (CEO Layaria.com).


Sebelum dimulai acaranya, nampak sekali antusias para peserta yang telah memadati lokasi acara sebelum acaranya mulai. Namun walaupun sudah ngantri disana, ternyata ada beberapa peserta yang namanya tidak tercantum disana, tentu sana terlihat tampak kekecewan bagi yang namanya tidak tercantum. Namun karena kebaikan panitia, akhirnya yang namanya tidak tercantum diperbolehkan masuk dengan menulis datanya manual disana.


Sebelum acara dimulai, para peserta dipersilahankan untuk menyatap hidangan yang telah disediakan oleh pihak panitia, para peserta pun sangat berantusias. Sampai semua peserta telah menghabiskan hidangan yang telah meraka ambil dan acaranya pun langsung dimulai.

Acara dimulai dengan acara games terlebih dahulu, disini para peserta diajak untuk bermain games yang jika menang maka akan diberikan hadiah, nampak sekali antusias para peserta yang menghadiri acara tersebut. Satu persatu para peserta mencoba untuk menjawab teka-teki hingga akhirnya teka teki tersebut terpecahkan. Dengan games tersebut nampak terlihat para peserta menjadi semakin semangat untuk menyimak acara.

Sesi 1 : Sultan Satria
Narasumber pertama pun membuka acara yakni pak Sultan Satria (Manager Data Service Product Marketing Indosat Ooredoo) pada sesi pertama ini pak sultan menjelaskan perkembangan indosat ooredoo hingga saat ini dan juga dia mengenalkan produk barunya di indosatooredoo yakni 4G plus yang telag tersedia pada 29 kota rencananya nanti bakalan ditambahin jadi 40 kota dengan menggunakan pita frekuensi 1800MHz yang kecepatannya UP TO 185Mbps. Selain mengenalkan 4G Plus tentu saja didukung oleh penyediaan kartu sim 4G karena sim card 4G itu berbeda jadi bagi pemilik lama ada baiknya kartu simnya ditukar menjadi sim 4G dan tentunya smartphonenya juga mesti sudah 4G. Untuk mendukung pertukaran sim 4G tidak hanya bisa ditukarkan pada galery, tetapi bisa juga di tempat hang out dengan nama mobile agent yang bisa menukarkan kartu sim hanya dalam kurang lebih 2 menit cukup cepat bukan, hahahaha :D


Selain itu disana juga diperkenalkan paket baru indosat yakni Freedom Combo yang penamaan paketnya menggunakan ukuran baju yakni M, L, XL dan XXL sayang sekali ukuran S nya gak ada :D 

Untuk paket tersebut sama halnya dengan ukuran baju yang semakin besar ukurannya tentu juga dibarengi harganya yang semakin besar pula dan juga dipaket tersebut telah dilengkapi unlimited untuk nelpon dan sms. Untuk membuktikannya pak sultan mengundang dua orang peserta yang telah mengkatifkan paketnya untuk maju ke depan untuk melakukan demo. 

Sebelum menelpon peserta yang melakukan demo di suruh untuk menunjukan terlebih dahulu paketnya. Merekapun langsung tuker-tukeran nomor, nampak sekali mereka malu-malu :D setelah mereka buntu pengen ngomong apa, telpon pun langsung diakhiri. Setelah selesai mereka Langsung mengecek pulsanya dan ternyata  gak berubah dan dengan itu berakhir pulsa sesi pertama.

Sesi 2 : Rini Wulandari

Selanjutnya pada sesi kedua, di isi oleh Rini Wulandari. Sebelum memulai untuk menyampaikan materi, Rini Wulandari melakukan pertunjukan telebih dahulu sesuai dengan keahliannya yakni menyani. Para pesertapun tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk mengambadikan momen tersebut.

Setelah selesai menyanyi Rini Wulandari langsung duduk untuk menyampaikan materinya. Disini Rini Wulandari menjelaskan tentang manfaat yang dirasakan dengan menggunakan media sosial. Jadi jika dahulu para musisi bergantung pada CD dalam mendapatkan penghasilan, kini karena perkembangan jaman para musisipun telah pada berlaih menggunakan media digital sebagai sarana untuk menyalurkan kreasinya. Merekan memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan path sebagai media promosinya. Dengan menggunakan media tersebut memudahkan untuk para musisi untuk berinteraksi langsung dengan para fans. Namun tentu saja namanya juga media sosial pasti ada hatter yang gak suka sama dia, tapi untuk menghadapi para hatter jangan ditanggapi dengan panas, cukup didiamkan saja karena jika ditanggapi terus mereka semakin senang.

Untuk  pemasaran produk melalui jejaring sosial, menurut Rini Wulandari sebaiknya telebih dahulu diberitahu kepada teman-teman terdekat. Jika mendapatkan respon positif baru produk dilempar ke fans terbelih dahulu, jika para fans puas baru ke publik. Menurut Rini Wulandari menggunakan media sosial gampang-gampang susah karena banyak yang tidak mempercayai akunnya itu asli karena tau sendiri disosial media banyak sekali akun kloningan yang menyamar.

Sesi 3 : Dennis Adhiswara
Pada sesi terakhir di bawakan oleh mas Dennis Adhiswara, pada sesi ini mas Dennis Adhiswara membahas tentang pembuatan video online. Menurut Mas Dennis Adhiswara  "Video merupakan salah satu promosi yang menarik, dengan video orang bisa menjadi lebih mudah mengerti dan pesan yang disampaikan menjadi jelas."

Menurut dia, kini video online semakin banyak digemari oleh masyarakat dibandingkan oleh sinetron. Karena yang membuat video tersebut diminati adalah karena video tersebut jalan ceritanya mirip dengan yang dialami penonton sehari-hari dan juga karena usianya seumuran jadinya apa yang dipilirkan biasanya sama, berbeda dengan sinetron yang sutradara, penulis naskah dan para pemainnya yang pada lebih tua sedangkan cerita yang disasar adalah cerita remaja jadi ceritanya gak seperti yang para remaja alami. 

Pada kesempatan itu pula mas Dennis Adhiswara memberikan tips supaya video pada youtube mendapatkan subscribe, view dan share yang banyak. Jadi untuk tipsnya supaya video yang telah di upload mendapatkan subscribe, view dan share yang banyak :

  • Pertama kita harus lakukan adalah kita harus mengenali bakat kita dan juga kita mesti membuat video yang berbeda dari yang lain. 
  • Kedua kita harus konsiten terhadap video kita, konsiten disini ada dua yakni konsisten dalam cerita dan konsiten juga dalam jam tayang.
  • Ketiga, Jika ada sponsor sebaiknya jangan mau terlalu diatur oleh sponsor karena bisa saja nanti temanya menjadi tidak sesuai, karena pada dasarnya penonton ingin menonton sebuah cerita bukan iklan jadi ada baiknya iklan sponsornya tidak terlalu dominan.
  • Keempat buat lima detik menarik, jika pada awal ceritanya bagus tentu saja penonton akan meneruskan videonya sampai selesai
  • Kelima jika kamu membuat banyak tema, buatkan playlist yang sejalan ceritanya atau temanya sama supaya kamu bisa ditonton berulang sama penonotn kamu
  • Keenam buat kuis, dengan adanya kuis akan membuat interaksi dengan fans sehingga fans akan senang
  • Ketujuh, jangan lupa buat ucapan terimakasih di setiap akhir acara.
  • Kedelapan jangan lupa membuat anotasi pada akhir video yang mengarahkan untuk berlangganan video kita ataupun mengarah kedalam playlist

Sekian untuk postingan saya kali ini, semoga memberi inspirasi bagi yang ingin membuat karir didalam bidang video online, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Makin Kreatif Dengan Internet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Januar Fadilah

2 komentar:

  1. Terima kasih reportasenya mas... gak bisa ikutan tapi jadi ikutan belajar juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba sama-sama :D
      wah sangat banget mba gak bisa k=ikutan, padahal seru bareng mba acaranya :D
      itulah manfaatnya internet mba, jadi walaupun gak ikut acara tapi kita bisa seolah-olah didalam acara tersebut :D

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.