Friday, January 22, 2016

Cara Mudah Membersihkan Virus Dari Flashdisk


Bagi yang sering copy data ataupun hanya sekedar menyolokan flashdisk ke komputer yang digunakan umum misalnya warnet ataupun rental komputer. biasanya sehabis kita mengcopy data ataupun hanya sekeder menyolokan flashdisk kita ke komputer, biasanya kita dikasih bonus virus.


Virus tersebut biasanya menyembunyikan file kita. untuk membukanya biasanya virus tersebut telah menyediakan shortcut (pintasan) untuk membuka file kita. tapi jika kita mengklik shortcut tersebut. dijamin virus yang tadinya cuma diflashdisk akan menginfeksi komputer kamu. jadi nantinya komputer kamu akan jadi media penyebaran virus yang terdapat didalam flashdisk.

Tentu jika sudah menginfeksi komputer, virus tersebut dapat membuat berat kinerja komputer kita. maka dari itu sebelum menyebar ada baiknya kita mencegahnya. berikut ini adalah caranya untuk menghilangkan virusnya didalam flashdisk kita.
  • pertama kita lihat terlebuh dahulu dimana posisi drive flashdisk kita, kita bisa melihatnya pada file explorer lalu disana akan terlihat dimana posisinya drive kita.
  • jika sudah ketahuan posisi drivenya Buka Command Prompt dengan mengklik start lalu ketik Command ataupun klik tombol windows + r lalu ketikan cmd 
    Buka Lewat Run
      Lewat Start
  • Setelah command promt terbuka, pindah ke lokasi drive flashdisk misalnya dikomputer saya flasdisk terbacanya pada drive F maka saya ketikan f: pada command prompt 
  • jika sudah pada drive flashdisk kita, ketikan dir /a untuk mengetahui isi didalam flashdisk kita 
  • disana terlihat virus shorcut pada flashdisk yakni yang belakangnya diakhiri .ink jika virus tersebut kita klik maka sistem pada komputer kita akan terinfeksi, maka dari itu gunakan perintah del namafile.ink untuk menghapus file tersebut. untuk memudahkan pengetikan ketikan del lalu tulis abjad awal file gunakan tombol tab untuk auto teks. 
  • jika virusnya telah dihapus, selanjutnya adalah membalikan file yang telah disembunyikan oleh virus. untuk membalikannya gunakan perintah attrib -s -r -h /s /d * 
  • untuk melihat hasilnya gunakan file explorer, buka flashdisk kita.
  • kini file yang hilang telah muncul kembali, namun karena tidak ada nama direktorinya jadi terlihat seperti direktori kosong, kamu tinggal ubah saja nama direktorinya supaya mudah mengingatnya dengan klik kanan rename.

Cara Mudah Membersihkan Virus Dari Flashdisk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Januar Fadilah

2 komentar:

  1. Tips yang penting banget ini, Mas. Saat printer saya lagi tidak bisa, kan sering ngeprint di tukang foto kopi via flashdisk, eee dapat bonus virus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget itu, kebanyakan tempat print sama warnet jarang komputernya di proteksi sama antivirus jadi sumber virus kebanyakan dapet dari sana

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.