Tuesday, December 1, 2015

Mengenal Karir BCA lebih dalam di BCA Career Land


Bagi para mahasiswa tingkat akhir pastinya akan dibuat galau mikirin pekerjaan setelah lulus. Banyak bekal yang telah diberikan oleh kampus, tapi mungkin karena kebanyakan ilmu yang dipelajari membuat para mahasiswa menjadi bingung untuk lebih fokus dibidang tertentu. Tentunya didunia karirpun sering kali para mahasiswa sering tersesat didalam dunia karir yang menyebabkan penyesalan didalam dirinya.

Nah oleh karena itu BCA selaku bank swasta terbesar di Indonesia membuat sebuah acara untuk memfasilitasi para mahasiswa supaya lebih mengenal dunia kerja perbankan, khususnya BCA. Acara tersebut diberi nama BCA Career Land.
Kalau mendengar kata land pasti yang dibayangkan itu adalah tempat bermain, tapi memang benar sih karena disana suasanya dibuat menyenangkan.

Kegiatan ini bernuansa popart dengan aneka ragam warna sesuai dengan variasi pilihan karir yang ada, sehingga para mahasiswa dan lulusan baru (Fresh Graduate) nantinya dapat menemukan serta membangun karir yang sesuai dengan passion dan skill yang dimiliki.

Dengan adanya acara ini, diharapkan para mahasiswa tidak akan galau ketika lulus karena dia sudah tau kedepannya karir dia akan cocoknya dimana.

Nah berhubung kemarin saya mendapatkan Tiket VIP di acara tersebut, pada postingan kali ini saya akan memberikan ulasalan tentang acara BCA Career Land pada 21 November 2015 yang terletak di The Hall Senayan City lantai 8.
Namanya juga BCA Career Land yang pasti disana kita akan menemui banyak pulau. Disana terdapat 7 pulau yang mewakili setiap divisi yang ada pada BCA, yakni LIFE AT BCA, INDIVIDUAL BANKING LAND, CORPORATE BANKING LAND, REGIONAL & BRANCH BANKING LAND, RETAIL & COMMERCIAL BANKING LAND, OPERATION & IT LAND dan GROUP BCA LAND.

Langsung aja ya, pada saat pertama saya memasuki ruangan BCA Career Land, terlihat banyak sekali mahasiswa yang antusias untuk menghadiri acara BCA Career Land dan saya melihat di beberapa land tersedia maskot untuk menarik hati para mahasiswa.
Suasana Dalam
Saya langsung mulai petualangan saya di land LIFE AT BCA.

Disana saya sangat sulit sekali untuk masuk karena banyak sekali mahasiswa yang mengungjungi land tersebut untuk melihat aktifitas karyawan BCA di luar pekerjaan kantor sehari-hari. Seperti adanya komunitas-komunitas untuk penyaluran hobi masing-masing karyawan. Untuk dapat gabung dengan komuntitas karyawan sana cukup bertanya dengan manajer disana, maka sang manajer akan memberitahukan komunitas yang sesuai dengan minat kamu. Jadi dengan adanya komunitas ini dapat mempererat kekeluargaan antar karyawan dan membuat karyawan semakin nyaman. Selain itu disana juga bisa ditest psikologi untuk menentukan kita itu cocoknya kerjanya dimana supaya tidak tersesat saat melamar pekerjaan. 




Karena dengan mengetahui kita cocoknya dimana, maka dengan begitu pada saat melamar pekerjaan kemungkinan diterimanya akan semakin besar.

Setelah puas dengan land Life at BCA, petualangan saya lanjutkan di land sebelahnya yakni  OPERATION & IT LAND.

Disini terdapat miniatur gambaran proses bagaimana keuangan bca menyebar rata dan dijelaskan pula tugas masing-masing divisi yang terlibat disana. Untuk bagian IT, disana banyak sekali bahasa programming dan tools yang digunakan. Untuk sisi client disana bisanya menggunakan bahasa pemograman Java, sedangkan untuk sisi internet mereka menggunakan .Net. Setelah puas bertanya-tanya, saya diberikan pertanyaan yang diambil dari hasil mengocok terlebih dahulu daftar pertanyaannya. Jika berhasil menjawab pertanyaan yang ada disana nanti akan diberikan hadiah disana.

Selanjutnya saya mengujungi land sebrangnya yakni REGIONAL & BRANCH BANKING LAND.

Pada land ini saya dijelaskan tentang inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh BCA dalam memberikan pelayanan dan solusi untuk nasabah dan disinipun terdapat games. Untuk dapat memainkan games ini sebaiknya mengunjungi land lainnya dahulu untuk mendapatkan info-info dari land lainnya. Selain itu jika belum mempunyai rekening bca, pada samping land ini tersedia pembuatan booth myBCA untuk membuka Tahapan Xpresi dengan hanya setoran awal Rp.50.000 yang motif kartu debitnya bisa milih sendiri covernya.

Setelah mendapatkan info yang cukup, sayapun pindah ke land selanjutnya. Land yang saya masuki yakni INDIVIDUAL BANKING LAND.

Disini terdapat banyak sekali permainan untuk melatih ketangkasan kita dalam menyelesaikan masalah. Dan di sini saya memperoleh informasi yang lebih menyeluruh dan menarik mengenai proses di balik layar BCA dalam merancang solusi-solusi yang tepat bagi kebutuhan nasabah individu seperti kredit konsumen.

Beranjak ke land berikutnya yaitu saya mengunjungi RETAIL & COMMERCIAL BANKING LAND.

 Di sini saya bisa melihat banyak sekali poster yang dibuat seperti komik dan di sini merupakan tempat yang enak buat berfoto-foto karena telah disiapkan papan untuk berfoto, juga kalau mau fotonya langsung dicetak bisa duduk dikursi mobil augmented realty (AR) yang ada di sana. Ketika duduk, maka akan muncul mobil di layar, jadi pada foto tersebut seolah-olah kita sedang naik mobil Mercy J

Jadi gak salah bagi kamu yang kreatif untuk berkunjung di land ini, karena produk-produk yang kreatif ada di sini.

Selanjutnya saya mengunjungi land  CORPORATE BANKING LAND.

Disini saya di ceritakan bagaimana BCA selama ini memberikan melakukan pengelolaan kebutuhan kredit yang bernilai tambah bagi nasabah korporasi dan nasabah ekspor impor. Jadi bagi yang suka analsis mengenai kredit, disini menurut saya tempat yang cocok untuk mengetaui lebih detail mengenai hal tersebut.

Setelah puas, saya main ke land yang terakhir yakni GROUP BCA LAND

Sebelum ke land tersebut, di depan land tersebut terdapat activtable untuk main beberapa game yang seru. Di game tersebut terdapat pertanyaan-pertanyan seputar BCA. Tentunya bagi yang suka main game komputer tersebut sangat cocok untu mnegasah ketangkasan. Group BCA Land berisi anak perusahan dari BCA yakni seperti BCA Insurance, BCA Syariah, CS Finance, BCA Finance, BCA Life dan BCA Sekuritas. Disana sudah terdapat perwakilan masing-masing anak perusahaan BCA yang siap untuk menjawab pertanyaan seputar bidang apa yang dilakukan pada anak perusahaan tersebut seperti BCA Insurance 


Disini dijelaskan bahwa dia adalah anak perusahaan BCA yang menangani bagian ansuransi untuk nasabah. Mereka memegang teguh prinsip TRUST yakni Teamwork, Responsible, Uncompromised integrity, Service exclent dan Trustworthy. Selain itu jika kamu baca-baca poster yang ada di belakang booth, disana banyak sekali tips-tips yang bermanfaat supaya karir kamu sukses.

Setelah itu saya mengunjungi BCA Syariah, disini akan diberikan penjelasan di divisi yang ingin kamu masuki dan juga kamu bisa mencoba untuk melakukan test psikolog disini

Beranjak ke sebelahnya yakni BCA Finance yang merupakan anak usaha BCA yang bergerak dalam perkreditan mobil. Di stand ini ada kuis menarik yakni saya diuji untuk menjawab beberapa soal, jika jawaban benar akan mendapatkan boneka mobil.

Ok setelah puas di BCA Finance saya mampir ke CS Finance. Jika BCA Finance yang membiayai kredit mobil, maka CS Finance itu yang membiayai kredit motor. Disana saya ditantang untuk foto di booth untuk mendapatkan hadiah.

Selanjutnya saya mengunjungi ke BCA Sekuritas, disini saya mendapatkan banyak informasi tentang pasar modal/saham. Jadi BCA Sekuritas adalah anak usaha BCA untuk jual beli saham dan juga membuat perusahaan lain bisa go publik. Ternyata untuk beli saham gak perlu punya perusahan dahulu, namun nasabah biasapun bisa beli saham disini.

Nah akhirnya saya sampai juga dibooth terakhir, BCA Life. Disini banyak sekali games seru, jika berhasil menjawab pertanyaan disini bisa foto disana dan langsung dicetak disana.

Akhirnya kelar juga berpertualang di BCA Career Land. Di sini banyak sekali info yang saya dapatkan. Sebelum saya pulang saya sempatkan dahulu untuk melihat talkshow sembari istrahat setelah berkunjung di seluruh stand.

Pada saat pembukaan acara, ada vocal group dan dance yang ternyata merupakan karyawan BCA semua.

Seteleh pentasnya kelar, talkshow dibawakan oleh Direktur BCA yakni Armand W. Hartono. Beliau bercerita awal berkarir di BCA hingga menjadi direktur. Ternyata beliau adalah lulusan teknik elektro. Jika mendengar jurusan teknik elektro, pasti yang dibayangkan jauh sekali dengan dunia perbankan. Tapi karena kerja kerasnya, beliau akhirnya bisa menjadi direktur BCA. Beliau juga bercerita untuk memasuki dunia pekerjaan pun tidak mudah karena dia bilang sempat ditolak hingga 3x tapi karena semangatnya akhirnya bisa lolos juga ke dunia kerja. Menurut beliau, para mahasiswa yang baru lulus tidak boleh takut untuk ditolak, karena mungkin posisi tersebut belum cocok untuk mereka. Terus mencoba jangan pernah menyerah. Akhirnya tak terasa acaranya kelar juga. Sebelum beliau pulang, tak lupa saya menyempatkan terlebih dahulu untuk foto bersama.

Sekian postingan kali ini, semoga bisa memberi pencerahan bagi teman-teman yang ingin bekerja.

Mengenal Karir BCA lebih dalam di BCA Career Land Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Januar Fadilah

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.