Sunday, November 22, 2015

Mengintip Kerjaan KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok


Mendengar kata bea cukai pasti yang kita pikirkan itu pasti yang kita pikirkan adalah lembaga yang buat menyulitkan kita ketika ingin membeli barang dari luar negri. Namun Setelah mengunjungi sana ternyata nampak berbeda.



Beberapa hari yang lalu saya berkesempatan untuk mengunjungi KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok. kunjungan ini dalam rangka hari anti korupsi yang akan jatuh pada tanggal 9 desember.

Untuk mengawali petualangan saya dikantor beacukai, saya diharuskan dahulu untuk menunggu dititik penjemputan oleh pihak beacukai, yakni di cempaka putih. setelah saya sampai dicempaka putih telah nampak bus penjemputan kami.

Disini saya diberikan dahulu tanda pengenal supaya mudah dikenali dikantor beacukai. Setelah semuanya telah menaiki bus, kami langsung berangkat menuju kantor kpu bea cuka tipe A yang berlokasi di tanjung priuk.

Kalau mendengar kata kpu jangan dibayangin bahwa itu tempat pemilihan umum, namun kpu dikantor beacukai memiliki makna yakni kantor pelayanan umum.

Setelah perjalanan yang cukup panjang, akhirnya bus yang kami tumpangi sampai juga dan benar dugaan saya kalau kantornya yang disana itu dikelilingi oleh kontainer.

Setelah foto-foto didepan gedung kantor beacukai, saya dan kawan-kawan yang lain disuruh untuk memasuki kantor bea cukai, pada saat memasuki sana.

Sayapun langsung masuk dan menaiki lift memasuki tempat acara.

sebelum masuk kedalam ruangan ternyata disana terdapat beberapa barang sitaan beacukai seperti barang karya seni, hasil pertambangang, senjata dan minuman keras.
Barang yang ingin diseludupkan

menurut pihak sana barang sitaan tersebut ingin ada yang ingin diexport tetapi barang yang ingin diexport tersebut merupakan barang yang dilindungi oleh undang-undang, jadi barang tersebut disita oleh bea cukai dan untuk barang export disita karena barangnya tidak memiliki izin dari pihak yang terkait, misal untuk senjata harus mendapatkan izin dari pihak kepolisian.


Setelah melihat-lihat barang yang berhasil diamankan, saya pun langsung memasuki ruangan acara. disana saya dikasih waktu untuk istrahat terlebih dahulu disana. 

Akhirnya dimulai juga acaranya, sebelum acaranya dimulai, untuk menambahkan kecintaan negara indonesia, pada saat sebelum acara mulai saya dan yang lain disuruh untuk berdiri dan menyanyikan lagu bagimu negri. akhirnya setelah sekian lama saya gak menyanyikan lagu nasional bisa juga diacara ini saya menyanyikan lagu nasional :)

Setelah selesai nanyi acara dibuka oleh Kepala bidang humas pak Nuryanto, disini kami dikasih tau kunjungan kami dan mahasiswa disini dalam rangka rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Anti Korupsi yang jatuh pada tanggal 9 Desember. selain itu nanti akan ada launching unit pengendalian gratifikasi kemudian pengendalian gratifikasi yang akan dilaksanakan diseluruh kantor pelayanan dan juga pusat.

Tujuan dari diadakan kunjungan ini adalah agar para peserta bisa mengetahui secara langsung jantungnya bea cukai, karena di tanjung priuk dijadikan jantung bea cukai, karena 70% kegiatan beacukai secara nasional adalah berada di tanjung priuk dan diharapkan juga para peserta nanti secara langsung bagaimana tugas-tugasnya beacukai mulai dari tugas adminitrasi juga tugas-tugas dilapangan secara langsung.

Belakangan ini sedang ramainya tentang dweling time memangnya apa sih itu dweling time?

disana kami diberikan penjelasan tentang Dwelling Time.  Dwelling Time adalah Waktu berapa lama petikemas (barang impor) ditimbun di Tempat Penimbunan Sementara (TPS) di pelabuhan sejak dibongkar dari kapal sampai dengan barang impor keluar dari TPS. Dwelling Time terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu Pre-Customs Clearance, Customs Clearance, dan Post-Customs Clearance.


selain itu disanapun telah menerapkan budaya anti kkn yakni :
TOLAK => Tolak pemberian dari pengguna jasa dan dokumentasikan
CATAT => Catat nama, waktu, tempat kejadian, dan bentuk pemberian
LAPORKAN => Laporkan melalui Bidang Kepatuhan Internal

Setelah diberikan penjelasan secara rinci tentang bea cukai, kami selanjutnya kami pergi kelapangan untuk melihat kerja kpu beacukai tanjung priuk.

Lokasi pertama yang dikunjungi yakni tempat patroli laut bea cukai. disana nantinya kami diajak untuk berpatroli dengan beacukai. sayapun cukup kaget karena kirain saya yang mengawasi laut itu hanya tni al, ternyata kantor beacukai pun melakukan patroli laut.


Sebelum menaiki kapal, kami diberikan dahulu pengarahan untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan diatas kapal. setelah diberikan arahan, kami pun menaiki kapal, disana kami diberikan pelampung supaya aman didalam kapal.

Kamipun diajak berkeliling dipelabuhan tanjung priuk, disana terlihat banyak kapal-kapal yang melakukan bongkar muat disana dan juga terlihat perluasan pelabuhan tanjung priuk, nampaknya nanti pelabuhan tanjung priuk akan bertambah besar dan disanapun saya penasaran dengan kerjanya petugas yang patroli disana, saya pun menyempatkan diri bertanya. untuk kerja patroli sendiri menurut mereka harus kuat untuk tidak melihat daratan, karena untuk sekali patroli bisa selama 3 bulan lebih. dan juga mereka harus siap menghadapi mafia, seperti berikut ini saya dapatkan video ketika mereka patroli





Setelah selesai berkeliling dengan kapal patroli tak lupa kami untuk foto bersama dahulu :)

Setelah puas ikutan patroli dengan kapal patroli bea cukai. selanjutnya kami diajak untuk melihat bagaimana caranya mereka mengawasi isi kontainer. yaitu di gedung HI-CO SCAN.

disana terlihat container yang siap untuk discan isinya. pada pintu keluar truk terlihat pintunya ditutup supaya tidak ada yang kabur pada saat proses scan.

Untuk proses scan sendiri disana menggunakan mesin xray yang dapat menembus logam. pada saat scan sendiri jika terdapat mahluk hidup bisa pingsan karena mesin xray disana. oleh karena itu supir dan kernet truk disuruh turun pada saat proses scan. jika barang yang dilaporkan pengirim berbeda dengan yang discan, maka container tersebut akan digeledah untuk menghindari barang yang illegal.

seperti yang dipajang pada dinding kantor tersebut, disana terdapat banyak laporan, seperti gambar ini. jika dilaopran pengirim merupakan suku cadang, ternyata pada saat discan malahan suku cadangnya telah terpasang (Mobil jadi) padahal sudah jelas karena tarif suku cadang tentunya berbeda dengan tarif mobil.

untuk menunjang kinerja, disana masih menggunakan komputer pentium 2 dari tahun 1998. walaupun sudah tua, akan tetapi masih bisa digunakan untuk memproses hasil citra scan.

Setelah berkeliling tempat terakhir yang kami kunjungi yakni TPFT yakni tempat pemerikasaan fisik terpadu. 

sebelum memasuki ruangan ini, terdapat sebuah komputer untuk mengambil nomor antrian. 

untuk proses disana sendiri hanya membutuhkan kurang lebih sekitar 10 menit dan juga untuk hasil pemeriksaan berkas-berkasnya bisa langsung dicek disana ataupun bisa dicek melalui hp, karena disana  setiap dokumen yang telah diproses akan dikabarkan langsung melalui sms gateway.

Akhirnya berkarhir sudah kunjungan saya ini, disana saya menyaksikan banyak sekali hal didalam beacukai, seperti rela berkorban demi melawan barang illegal, dan juga disana sudah mengahpuskan budaya kkn pada birokasinya dengan budaya anti kkn 

Mengintip Kerjaan KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Januar Fadilah

6 komentar:

  1. Nice Post.
    telugu town contains telugu political news, latest news in telugu, telugu cinema news, Tollywood news, ap news, telangana news, movie trailers and movie reviews.

    ReplyDelete
  2. Nice Post and thank u for sharing.....
    Freshers jobs way provide freshers jobs ,walkins,direct recruitment,openings for freshers and experiencedfreshers jobs and recruiting experienced and freshers, walkins for freshers and experienced.Freshers jobs way provide a better jobs for ur dream jobs through walkins,direct recruitment,openings for freshers and experienced.

    ReplyDelete
  3. Nice Post and thank u for sharing.....
    Freshers jobs way provide freshers jobs ,walkins,direct recruitment,openings for freshers and experiencedfreshers jobs and recruiting experienced and freshers, walkins for freshers and experienced.Freshers jobs way provide a better jobs for ur dream jobs through walkins,direct recruitment,openings for freshers and experienced.

    ReplyDelete
  4. Nice Post.
    indiaregisters provides domain registration, domain registration in india,cheap domain registration, domain registration in hyderabad.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.