Sunday, November 8, 2015

Mengatasi Android Bootloop



Bagi yang suka ngutak-ngatik sistem operasi android istilah bootloop pastinya sudah gak asing lagi bagi yang gemar ngoprek. tapi bagi yang hpnya gak suka diutak atik tau-tau bootloop pasti membuat pusing. memangnya apa sih bootloop itu sehingga membuat pusing sang pemilik hp?

jadi bootloop itu kejadiaan dimana perangkat tersebut tiba-tiba tidak bisa digunakan karena pada saat dinyalakan hanya sampai kepada logo hp tersebut. karena gak bisa digunakan tentunya membuat pemiliknya pusing, karena akibat bootloop perangkat tersebut tidak dapat digunakan.

bootloop sendiri itu biasanya sebabkan karena terjadinya kesalahan pada saat pemasangan perangkat lunak, misalnya seperti hpnya diroot, gagal update bahkan bisa juga karena sembarangan memasang perangkat lunak.

untuk memperbaiki bootloop tentunya kita harus rela mengorbankan data-data kita, karena biasanya untuk memperbaiki bootloop data dimemori internal akan ikut terhapus.

Berikut ini adalah cara untuk memperbaiki bootloop:

  • Cara Pertama : Coba lakukan factory reset dengan memelui recovery mode, untuk memasuki recovery mode tombol yang biasa digunakan adalah tombol volume up + tombol power. setelah memasuki mode tersebut pilihlah wipe data, biasanya cara ini dapat digunakan apabila boot loop disebabkan karena salah memasang perangkat lunak yang menyebabkan bootloop. jika sudah di wipe datanya coba restart kembali perangkatnya.
  • Cara Kedua : pada cara kedua ini yaitu menginstall ulang sistem operasinya. untuk menggunakan cara ini perlu memiliki firmware perangkat tersebut. dan biasa menggunakan bantuan pc untuk melakukan flash. untuk dapat menggunakan cara ini perangkat kita perlu masuk kedalam mode download, untuk memasuki mode ini bisa dengan cara menekan tombol volume up + power. jika sudah masuk mode tersebut tinggal colokan hpnya ke komputer yang telah dipasang software untuk flash.
  • Cara Ketiga : jika cara diatas masih tidak bisa dilakukan, cara terakhir adalah dengan membawa perangkat tersebut ke service center, karena bisa saja bootnya dikunci sehingga tidak bisa diutak-atik.
Sekian cara untuk mengatasi bootloop, semoga dapat membantu dalam menghadapi bootloop

Mengatasi Android Bootloop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Januar Fadilah

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.