Monday, November 9, 2015

Enaknya Menggunakan 4G LTE


Saat ini operator selular indonesia sedang gencar-gencarnya melakukan migrasi jaringannya ke teknologi 4G. emangnya apa sih 4G LTE itu sehingga banyak operator yang menggunakan teknlogi itu?


4G LTE itu adalah teknologi jaringan internet super cepat generasi ke-empat berbasis Internet Protocol (IP) yang membuat proses transfer data jadi lebih cepat dan stabil.

Seperti yang kita ketahui saat ini akses internet di indonesia, mayoritas menggunakan handphone dalam mengakses internet. karena semakin banyaknya jumlah pengguna internet menggunakan handphone. tentu saja dengan semakin banyaknya jumlah pengguna internet menggunakan handphone, maka semakin padat juga trafik internet selular. 

Oleh karena itu maka tidak salah jika teknlogi 4G LTE hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna internet yang sudah mulai banyak. karena jaringan 4G lte ini 3x lebih cepat dibandingkan dengan teknologi sebelumnya.

Terus apasih keuntungan dan kerugiannya menggunakan jaringan 4G lte?

Keuntungan menggunakan 4G yaitu:

Lebih Stabil Saat Bermain Game Online

jika dahulu ketika ingin bermain game online takut putus tiba-tiba karena jaringannya yang gak kuat, dijaringan 4G LTE hal tersebut tidak akan ditemukan lagi karena dengan koneksi yang super cepat maka kejadian disconect tidak akan terjadi lagi.

Lebih Cepat Saat Melakukan Download File 

bagi yang suka donwload film, game atau musik, jaringan 4G LTE sangat cocok sekali karena sekali klik download, file yang kamu download pun gak kerasa udah kelar dikarenakan saking cepatnya.

Lebih Lancar ketika Streaming Video

bagi yang suka nonton video online, tentunya jaringan 4G LTE sangat mengembirakanan, karena Bisa Melakukan Streaming beberapa Video HD secara bersamaan, tanpa khawatir Buffering.

Tidak ada pemisah

Jika dahulu perangkat handphone dibedakan menjadi GSM dan CDMA, maka dijaringan 4G LTE ini tidak ada namanya pemisah antara operator GSM dan CDMA, karena asalkan handphone kamu 4G, kamu bisa menggunakan operator mana saja seperti INDOSAT, TELKOMSEL, XL, SMARTFREN ataupun BOLT. Seperti handphone milik saya pada dasarnya handphone saya menggunakan teknologi GSM, tapi karena sudah 4G ketika saya memasang Kartu smartfren yang pada dasarnya dia itu operator CDMA, ternyata sinyal Smartfren 4G pun muncul di HP saya.

Kekurangan menggunakan 4G yaitu:

Lebih Boros Kuota

Karena saking cepatnya menggunakan jaringan 4G, maka tak terasa kuota kita cepat habis karena banyaknya aktifitas yang kita gunakan seperti browsing, download hingga streaming

Lebih Boros Baterai

karena semakin cepat koneksinya, maka daya yang dibutuhkan untuk menangkap sinyal pun semakin besar. oleh karena itu jangan heran jika saat menggunakan jaringan 4G baterai cepat habis.

Tidak bisa nelpon dan sms

pada dasarnya jaringan 4G-LTE ini dikhususkan untuk layanan data. maka jangan heran beberapa operator ketika kita menggunakan jaringan 4G kita tidak bisa nelpon dan sms. tapi kamu gak perlu khawatir tidak bisa berkomunikasi, karena dengan jaringan 4G-LTE kamu bisa beralih melakukan komunikasinya melaui internet, misal untuk nelpon kamu bisa menggunakan aplikasi VOIP seperti skype, bbm atau whatsapp dan untuk berkirim pesan pun kamu bisa menggunakan aplikasi messaging seperti bbm, whatsapp atau line.

Enaknya Menggunakan 4G LTE Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Januar Fadilah

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.