Sunday, October 11, 2015

Mengatasi Laptop Yang Hidup Sendiri


Laptop Hidup sendiri ketika ingin membuka layar tentunya membuat kita kaget, padahal kita sudah yakin bahwa laptop kita shutdown sebelum menutup layarnya. hal ini pernah saya alami, yaitu ketika saya ingin membuka laptop saya, pada saat saya pegang laptopnya panas sekali dan pada saat dibuka ternyata benar dugaan saya, yakni laptop saya hidup sendiri.


Kejadian laptop hidup dengan sendiri, tentunya sangat bahaya sekali. selain dapat membuat rusak laptop seperti layar menjadi mati, baterai jebol, atau komponen laptop terbakar bahkan bisa membuat  kita cedera bila laptop tersebut sampai terbakar dikarenakan panas yang berlebih. Tentunya hal tersebut jangan sampai terjadi kepada kita. 

Penyebab laptop menyala sendiri ada dua kemungkinan, yakni softwarenya yang rusak atau hardwarenya yang rusak. kemungkinan kerusakan itu sendiri karena terdapat bug pada sistem operasinya yang menyebabkan laptop kamu menyala sendiri. Supaya Laptop kita tidak rusak semakin parah, mending kita langsung perbaiki laptopnya. berikut ini adalah cara untuk memperbaiki laptop yang menyala sendiri:

  • Buka menu power option, untuk membuka menu power option kamu bisa klik kanan icon baterai pada taskbar kamu pilih power option. 
  • Pilih Choose what clossing the lid does
  • pada when i close the lid : pilih shut down supaya laptop kamu akan mati dengan sendirinya ketika layar ditutup. 
  • Setelah diubah, klik save changes untuk menyimpan pengaturan yang telah kamu buat.
Kini kejadian latop menyala tiba-tiba akan tidak terjadi lagi pada laptop kamu. selamat mencoba

Mengatasi Laptop Yang Hidup Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Januar Fadilah

13 komentar:

  1. hai mas.. saya mukhofas. apakah sebelumnya laptop pernah di hidupkan dan lupa ngga di matikan? kok bisa hidup sendiri? bagi saya aneh itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Mukhofas, Terima Kasih telah mampir dan menyempatkan waktunya untuk berkomentar. untuk laptop saya tentunya sering dihidupkan, kalau tidak dihidupkan buat apa saya punya laptop, wkwkwk :) dan tentunya sebelum saya masukan tas saya matikan dahulu sampai lampu indikatornya pada mati semua. kalau hidup sendiri menurut saya tidaklah aneh karena didunia komputer itu apa yang mustahil bisa saja terjadi, bisa karena bug pada os ataupun kendala lainnya. saya berbagi artikel ini karena laptop saya pernah rusak baterainya dan juga lcdnya karena laptop menyala sendirinya pada tas saya hal tersebut tentunya menyebabkan panas yang berlebih karena didalam tas tidak ada sirkulasi udara.

      Delete
    2. Saya baca artikel ini karena mengalami hal yang sama. bedanya saya lihat secara langsung laptopku nyala sendiri, padahal sudah aku shut down. aku pikir ada yang 'iseng' ternyata bukan. Makasih artikelnya. Buat mas mukhofas emang aneh tapi ini nyata

      Delete
    3. Saya baca artikel ini karena mengalami hal yang sama. bedanya saya lihat secara langsung laptopku nyala sendiri, padahal sudah aku shut down. aku pikir ada yang 'iseng' ternyata bukan. Makasih artikelnya. Buat mas mukhofas emang aneh tapi ini nyata

      Delete
  2. Kalau laptop suka tiba2 shutdown sendiri itu knp ya mas? Mengenai penggunaan baterai sebenarnya yg baik dicolok bersamaan atau dilepas krn jd panas sekali kalau dilakukan bersamaan. Makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  3. Kalau laptop suka tiba2 shutdown sendiri itu knp ya mas? Mengenai penggunaan baterai sebenarnya yg baik dicolok bersamaan atau dilepas krn jd panas sekali kalau dilakukan bersamaan. Makasih sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau shutdown sendiri itu biasanya karena registry laptopnya sudah terinfeksi virus, untuk memperbaikinya bisa menggunakan cccleaner dan untuk penggunaan baterai sebenernya yang baik itu colokannya dilepas karena jika sering dicolok bersamaan akan mengurangi umur baterai.

      Delete
    2. kalau shutdown sendiri itu biasanya karena registry laptopnya sudah terinfeksi virus, untuk memperbaikinya bisa menggunakan cccleaner dan untuk penggunaan baterai sebenernya yang baik itu colokannya dilepas karena jika sering dicolok bersamaan akan mengurangi umur baterai.

      Delete
  4. Ass. Kak, saya mau tanya. Jadi saya ngalamin kejadian yang sama seperti kakak, sudah mengikuti cara yang kakak beritau tapi laptop saya tetap menyala sendiri sehabis di shutdown. Kakak tau itu kenapa? Apa ada kesalahan seperti apa gitu misalkan dari laptop saya? Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  5. Makasi mas mukhofas atas artikelnya

    ReplyDelete
  6. Thanks a lot..Sgt bermanfaat untuk sy..Sy alami masalah sperti diatas dan setelah follow tips yang diajar,mslah laptop on sndiri settle..Thanks untuk perkongsian

    ReplyDelete
  7. Thanks a lot..Sgt bermanfaat untuk sy..Sy alami masalah sperti diatas dan setelah follow tips yang diajar,mslah laptop on sndiri settle..Thanks untuk perkongsian

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.