Thursday, September 10, 2015

Pengalaman Belanja Online



Dizaman yang serba praktis ini, apapun bisa kita lakukan dari rumah atau tempat manapun. saat ini sedang berkembang yang namanya belanja online yang lebih populer dikenal sebagai (E-Comerce) . jadi dengan adanya toko online ini kita bisa membeli produk penjual tanpa harus ketokonya. selain harganya yang bisa terjangkau, kita pun bisa memilih sesuai kebutuhan dan budget kita. dengan begitu selain kita bisa hemat kitapun tak perlu cape harus mendatangi tokonya langsung. coba aja bayangin misal toko yang kita ingin beli berada di luar kota misal saya tinggal di bogor, sedangkan penjual tokonya berada dibandung. kalau kita samperin tokonya selain ongkosnya yang lumayan. waktu kitapun akan habis diperjalanan. tapi dengan berberlanja di toko online kita hanya perlu menunggu barangnya dirumah kita, karena barangnya akan dikirimkan oleh penjual tentunya hal tersebut dapat menghemat biaya dan waktu kita. 

Pada Postingan Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya dalam berbelanja online. langsung aja ya ini pengalaman saya :

TOKOPEDIA

Siapa sih yang gak kenal sama situs ini, dengan iklan-iklannya yang lucu membuat kita penasaran dengan situs ini. dari segi tampilan baik yang web maupun mobile memiliki tampilan yang sangat mudah. dengan kemudahannya situs ini selalu ramai dikunjungi yang terkadang membuat kita ditahan terlebih dahulu untuk berbelaja di situs ini. dan juga jika kamu menggunakan aplikasinya tokopedia akan terasa beda sekali, jika pada webnya aksesnya cepat, hal tersebut berbanding terbalik pada aplikasi mobilenya, pada aplikasi mobilenya terkadang loading produknya lama sekali, berbeda jika kita melalui aplikasi mobile. dan untuk sisi pembelian kita akan sangat mudah sekali dalam pembelian produk, karena kita disajikan beberapa metode pembayaran. akan tetapi jika kita menggunakan transfer atm, proses konfirmasinya lumayan agak lama apalagi jika kamu menggunakan atm mandiri, proses konfirmasi bisa sampai 2 hari padahal dibelakang transferan sudah diberikan kode unik, tapi tetap saja konfirmasinya masih manual. bagi yang ingin cepet dapet konfirmasi tapi menggunakan atm, saya sarankan untuk belanjanya pada hari kerja dan pada jam kerja, karena pada waktu tersebut akan cepat konfirmasinya. untuk pengiriman barang sesuai sellernya ada yang cepat adapula yang lambat. tapi disana penjual diberi batasan waktu, jika lewat dari waktu yang ditentukan maka transaksi akan dibatalkan dan uang pembelian kamu akan masuk kedalam saldo tokped kamu. pada sisi rating produknya pun jelas, karena rating hanya bisa diberikan oleh pembeli tanpa perlu persetujuan admin tokopedia, jadi rating yang diberikan murni dari pembeli. 

Kelebihan
  • Mudah digunakan
  • Aman
  • Rating Produk Jelas
  • Harga Produk Bersaing

Kekurangan
  • Loading Produk Pada Aplikasi Mobile Lambat
  • Konfirmasi ATM agak lambat
LAZADA
awal belanja disini karena iseng-iseng aja, kalau dilihat dari sisi antarmukanya. tampilannya pun mudah sekali untuk dijelajahi. dan yang enak belanja disini banyak diskonnya dan ongkos kirimnya gratis, sehingga kita tidak perlu memikirkan lagi ongkos kirimnya. disisi pengemasannyapun bagus, karena seller dilazada diberikan kardus untuk melindungi barang yang kita beli. akan tetapi untuk sisi konfirmasi pembayaran jika menggunakan metode atm, pada lazada akan sulit sekali mencari konfirmasi pembayaran jika menggunakan mobile, walaupun menggunakan aplikasi kita akan dilempar ke webnya sehingga sangat merepotkan. dan proses konfirmasinya bisa memakan waktu yang lama, kamu harus aktif kontak-kontak ke adminnya supaya pembayaran kamu cepat dikonfirmasi. dan juga disisi pengiriman barang, karena tidak dibatasi waktu pengirimannya, bisa-bisa sampainya 30hari bahkan lebih. 

Kelebihan
  • Banyak promosinya
Kekurangan
  • Rating Produk Bisa dibuat-buat (Tidak Asli)
  • Produk yang diskonnya besar biasanya produk KW
  • Konfirmasi Pembayaran Menggunakan ATM Lama
  • Tidak Ada batas waktu pengiriman ke pembeli, sehingga produk yang dibeli bisa lama sampainya
Bukalapak

Sama halnya tokopedia, bukalapakpun merupakan situs e-comerce yang penjualnya dari pihak ke-3. disisi antarmuka pun sangat mudah, akan tetapi jika ingin melihat produk yang telah kita beli saya rasa ribet sekali, karena dimenu tersebut digabungkan dengan menu penjualan sehingga kita harus mencoba satu-persatu hingga menemukan menu yang diinginkan. untuk metode pembayaran sangat mudah karena banyak tersedia metodenya. dan konfirmasinya agak lumayan cepat. untuk pengiriman produk sama halnya dengan tokopedia, dibukalapak pun penjual diberikan batasan waktu, jika melwati waktu yang ditentukan, pesanan kitapun dibatalkan dan uang kita dimasukan kedalam saldo bukalapak. akan tetapi bedanya bukalapak dengan tokped, kita hanya diberikan waktu sehari untuk cek kondisi barang, jika lewat maka dianggap tidak ada komplain dari pembeli.

Kelebihan
  • Review Produk Jelas
  • Harga Bersaing
  • tansaksinya mudah
  • aman
Kekurangan
  • menu usernya agak ribet

Pengalaman Belanja Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Januar Fadilah

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.