Saturday, December 13, 2014

Rencana Bisnis TIK

Pada saat ini perkembangan perangkat mobile telah pesat. begitu pula perkembangan game didalam smartphone. kini berbagai jenis game pada smartphone. saat ini telah banyak game untuk perangkat mobile, namun untuk game bercita rasa lokal masih sulit untuk ditemukan.
Bisnis yang akan saya buat adalah studio game perangkat mobile. bisnis ini termasuk kedalam bisnis kelompok. bisnis ini hanya difokuskan untuk pengembangan game mobile bercita rasa lokal untuk smartphone.
Bagaimana rencana untuk bisnis studio game?
Dalam rencana bisnis yang saya buat mencakup hal-hal yang perlu diketahui dan target penjualan yang saya dapatkan. Beberapa item yang biasa dicantumkan adalah :
- Besarnya modal
◦ Modal uang
◦ Modal human resource
▪  Programer
▪  Graphic designer
▪  Marketing
▪  Developer
▪  Tester
▪  distributor
▪  dll
◦ Modal kreativitas
◦ Modal perangkat keras
▪  Server
▪  Jaringan internet
▪  Listrik
▪  dll
- Rencana harga jual game online
◦ Free for all
▪  Semua pelanggan dapat menikmati semua fitur-fitur game tanpa membayar. Tagihan listrik dan internet tetap dibayar.
◦ Shop coin base
▪  Pelanggan dapat bermain game dengan gratis, tetapi beberapa item kelas atas hanya bisa didapatkan dengan menukarkan koin game yang mana koin tersebut dibeli dengan uang asli
▪  Cocok untuk developer yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia game online
◦ Premium player
▪  Di model ini, pelanggan masih dapat memainkan game tanpa biaya tapi beberapa fitur game hanya bisa didapatkan dengan membeli suatu konten premium membership. Dengan konten tersebut pelanggan dapat menikmati semua fitur yang ada berserta fitur-fitur bonus untuk premium membership.
◦ P2P atau pay to play
▪  Pada model ini, pelanggan harus mengeluarkan biaya wajib bila ingin memainkan game ini. mulai dari pendaftaran sampai masa aktif akun game.
▪  Game dengan model ini sekarang jarang diminati tetapi bila ada peminatnya jumlahnya akan sangat banyak dan sangat menguntungkan
- Rencana penjualan software game
◦ Online
▪  Free download
▪  Beli dari toko game online, ebay, atau amazon
▪  Pre-order
◦  Konvensional
▪ Di distribusikan di toko-toko game
▪ Telepon atau surat
▪ Pre-order

- Besarnya biaya pembuatan game
◦  Semakin besar biaya yang dikeluarkan tidak menjamin mutu game yang dibuat. Dengan perencanaan yang baik, biaya dapat ditekan dan mutu game dapat ditingkatkan.
- Besarnya biaya pembuatan case cd/dvd/ server download dari pendistribusian software
- Besarnya anggaran biaya dan waktu untuk melakukan pengembangan, misal patch dan expansion pack
Selain itu membuat business plan perlu juga menggunakan strategi SWOT agar kita dapat mengetahui apa saja kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman dalam bisnis yang akan kita buat. Berikut ini adalah beberapa analisis saya menggunakan SWOT tentang business plan dalam membuat game online
Membuat Bisnis Plan Berfokus Pada Management Strategic
Analisis SWOT
Aspek Pemasaran
1.     Strength
Bila kita melihat kecenderungan generasi sekarang yang sangat doyan game, saya yakin dalam aspek ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Dengan game yang kelas menegah saja sudah dapat menarik perhatian pelanggan yang cukup banyak. Meskipun banyak sekali game-game yang ada di pasaran, dengan pemasaran yang benar kita dapat menarik pelanggan yang memuaskan.
Gambaran Umum Pasar ( STP ) :
Segmen Pasar merupakan gambaran umum dari konsumen usaha kita. Disini saya menggambarkan konsumen kita sebagian besar dari kalangan remaja
Target Pasar merupakan sasaran khusus bagi konsumen potensial dari usaha kita. Target pasar yang saya kejar dalam business plan game online ini adalah konsumen kita sebagian besar dari kalangan remaja yang gemar bermain game yang berbasis online
Positioning adalah bagaimana kita menempatkan usaha kita diantara pesaing usaha yang sejenis. Disini kita harus dapat menmpatkan diri dalam persaingan usaha yang akan kita buat. Dimana persaingan dilakukan dengan cara sehat dan tidak menghancurkan pesaing bisnis dengan cara yang tidak sehat. Tapi pada kenyataannya, bisnis game online sangatlah brutal dalam menyikapi saingan. hukum rimba selalu diberlakukan didalam bisnis ini.


2.     Weakness
Selain banyak kelebihan dalam bisnis game online, terdapat juga beberapa kelemahan fatal yang harus kita perkirakan. Beberapa kelemahan yang harus diperhatikan antara lain :
a.       Compatibility software dengan OS dan hardware pelanggan
b.       Kemampuan server meng-handle proses game
c.       Pengembangan game sesuai keinginan pasar/pelanggan
d.       Keamanan data di server
e.       Penyaluran software secara illegal
f.        Keamanan game dari pelanggan yang menggunakan 3rd party software untuk meng-exploit game
g.       Kelancaran jalur transfer data
h.       dll

3.     Opportunities
Penawaran
Banyak sekali yang dapat ditawarkan pada pelanggan dalam menarik perhatian mereka, seperti fitur-fitur game yang unik, hadiah untuk player of the month/year, event-event yang diadakan baik di dalam game maupun di dunia nyata.
Permintaan
Menurut pengamatan saya yang pernah menjadi konsumen, permintaan akan kebutuhan game tidak akan sepi peminat karena perubahan gaya hidup sekarang yang cenderung ke dunia hiburan, maka peminat game tidak akan berkurang, hanya bagaimana cara kita menyikapi keinginan pelanggan sehingga kita dapat mendapatkan keuntungan dari mereka.
Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar
Rencana Penjualan adalah rencana produk yang akan dijual dalam waktu 6 bulan disesuaikan dengan kondisi permintaan dan penawaran. Dalam business plan kali ini saya merencakan penjualan dalam jangka panjang karena untuk membesarkan suatu game membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi selalu mengikuti permintaan pelanggan.

Referensi :
http://www.slideshare.net/samuelhenryx72/7-kiat-dasar-menjadi-game-developer
http://www.wartawirausaha.com/2014/02/menyusun-rencana-bisnis-yang-baik/
http://www.ciputraentrepreneurship.com/rencana-bisnis/menyeimbangkan-ketegasan-dan-kepekaan-dalam-bisnis
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/modulrencanastrategis/materi4_analisisswot.pdf


Rencana Bisnis TIK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Januar Fadilah

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.