Thursday, October 30, 2014

Aspek Pemasaran Xiaomi


Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang aspek pemasaran xiaomi. xiaomi sendiri itu merupakan perusahan mobile internet, yang memproduksi smartphone berbasis android namun dengan racikan yang berbeda, sehingga
produk xiaomi berbeda dengan produk android lainnya.
spesifikasi produk

xiaomi sendiri dia menjual berbagai produk diantaranya adalah
- Xiaomi Phones: perangkat Android dengan kinerja  dan kualitas tinggi
- MIUI ROM: ROM kustomisasi tinggi yang dapat digunakan di beberapa perangkat Android
- MiTalk: aplikasi messaging unggul
- MiBox: set-top box pintar yang meningkatkan pengalaman TV Anda
segmentasi produk
xiaomi dalam memasarkan produknya, dia langsung menyasar produknya ke kalangan bawah (low end level) dan kalangan menengah (middle end level).
analisis situasi pasar
dengan mengandalkan marketing online, jangkauangan pemasaran xiaomi pun bisa begitu luas, selama daerah tersebut tercover internet, maka siapapun bisa memesan xiaomi dan dengan berbagai produk yang dijual dia dengan harga yang murah tanpa mengurangi kualitas, maka bukan tidak mungkin xiaomi bisa menguasai pasar smartphone.
analisis pesaing
pesaing xiaomi sendiri pastinya ada banyak sekali, mulai dari yang branded luar (seperti samsung, htc, lg, sony, lenovo, dll) maupun produk lokal(seperti imo, himax, mito, nexian, dll). dengan harga yang murah tapi tetap memiliki produk yang berkualitas, maka bukan hal yang mustahil apabila xiaomi bisa bersaing dengan produk-produk yang telah dijual saat ini.
strategi promosi
untuk media promosi, xiaomi hanya mengandalkan promosi melalui media online dan melakukan gathering untuk menambah pengguna xiaomi. dengan promosi seperti itu bisa menekan biaya promosi produk xiaomi. sehingga itu bisa berdampak pada harga produk yang dijual. jadi maka tidak heran jika harga produk xiaomi itu murah tapi berkualitas, karena dia hanya mengandalkan media online sebagai sarana promosi
media promosi berbasis IT
untuk media promosi berbasis it, xiaomi memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook, twitter, weibo, forum-forum online, dll sebagai media promosinya, jadi dengan menggunakan media promosi berbasis IT xiaomi bisa bertanya langsung kepada penggunanya untuk mengetahui produknya dia dan dengan media ini pun xiaomi bisa mengetahui selera konsumennya, karena dijejaring sosial tentunya ada timbal balik antara xiaomi dengan pembelinya.
Komentar
Menurut saya dengan metode promosi yang digunakan xiaomi sangat efisien, karena konsumen bisa bertanya langsung tentang produk yang akan dia beli dan dengan media promosi yang hanya berfokus pada promosi online, tentunya bisa menekan biaya produksi, sehingga produk yang dijualnya bisa terjangkau dikalangan masyarakat.

Selain harga yang terjangkau, produk xiaomi juga memiliki produk yang berkualitas, sehingga ketika kita membeli xiaomi kita tidak akan menyesal ketika membeli xiaomi.  

Aspek Pemasaran Xiaomi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Januar Fadilah

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.