Monday, March 4, 2013

Membuat Web Cloud Sederhana


Pada kali ini saya ingin berbagi bagaimana caranya membuat web cloud sederhana. Sedikit dulu pengenalan tentang cloud, jadi cloud itu adalah sebuah layanan dimana layanan tersebut memiliki beberapa server untuk melayani layanan tersebut, jadi dengan ada banyaknya server maka kemungkinan kecil server penyedia layanan yang kita buat down atau tumbang dan data pada layanan yang kita miliki akan terjamin keamanannya, karena data kita tidak hanya disimpan didalam sebuah sever saja, melainkan dibeberapa server.
langsung aja ya kepembahasannya, pada tutorial kali ini, saya menggunakan
ajaxplorer, karena berdasarkan pengalaman saya ajaxplorer adalah cms peyimpanan file yang sangat mudah untuk diinstall. Dan tidak sulit bagi yang ingin mencoba membuat web cloudDan di ajaxplorer ini juga sudah bisa melakukan streaming video, musik, dan bisa untuk membuka file, jadi jika file kita sudah diupload kita tidak perlu repot-repot untuk melihat filenya tersebutUntuk dapat menginstal ajaxplorer, pertama-tama kamu persiapakan dahulu bahannya, jika kamu ingin mencobanya di pc/laptop/server kamu, bahan-bahan yang harus dipersiapkan adalah :
  • Download / unduh terlebih dahulu ajaxplorer nya di ajaxplorer.info .
  • Lalu, Jika kamu menggunakan linux yang harus kamu siapkan adalah xampp atau mengunakan apache, php,  dan mysql. tapi jika kamu menggunakan windows yang kamu perlu untuk dipersiapkan adalah  Xampp atau kamu bisa menggunakan juga WampServer. Saya sarankan untuk mendownload yang versi terbarunya, karena biasanya versi terbaru itu sudah menghilangkan bug-bug atau kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi pada versi sebelumnya.
Jika sudah didownload semua bahannya, hal yang selanjutnya dilakukan adalah install terlebih dahulu xampp / wampnya diperangkat yang kamu gunakan. Jika sudah, langsung saja kamu jalankan xampp dan wampservernya. Pada kali ini saya menggunakan wampp untuk menjalankan ajaxplorenya. Karena menurut saya wampserver itu sangat mudah untuk diconfigurasikannya. Jika sudah dijalankan wampnya, langkah selanjutnya adalah extract cms ajaxplorer. Jika sudah copy ke folder dimana xampp atau wampservernya di install, jika menggunakan wamp copykan ke dalam folder wamp/www untuk memudahkan kamu jika ingin membuat web yang banyak, saya saran membuat folder tersendiri didalam folder tersebut. Jika sudah dicopy kan filenya, selanjutnya adalah kamu tinggal menjalankan cmsnya via brower kesayangan kamu. Setelah terbuka browser kamu, lalu buka url web clould kamu, karena pada kali ini saya menjalankannya di komputer saya sendiri, kamu tinggal pangil web kamu dengan mengetik http://localhost . jika kamu menyimpannya dildalam folder tersendiri, maka kamu dapat memanggilnya dengan mengetikan localhost/nama_folder_web_cloud_disimpan. Jika sudah bisa dipanggil kini tahap selanjutnya adalah kita menginstall terlebih dahulu webcloud yang telah dipanggil tadi, pada tahap pertama, kita akan diperlihatkan  service-service yang harus dijalankan untuk menjalankan webcloud ini. Jika kamu rasa sudah cukup untuk konfigurasi service yang dijalankan kamu tinggal klik click here to continue to AjaXplorer.

Jika sudah diklik tahap selanjutnya kita akan diberikan password untuk login ke webcloud kita, password defaultnya adalah username : admin password admin .

Jika sudah maka kamu akan dialahkan kehalaman login, kamu tinggal masukan username dan password yang telah diberikan, yaitu username : admin password admin .


Nah jika sudah maka kamu akan masuk kedalam webcloud kamu nah disini kamu sudah bisa menyimpan file-file yang ada di komputer kamu.

Jika kamu ingin mengupload file kamu, kamu tinggal klik upload lalu kamu bisa pilih, upload lewat komputer, ataupun upload file yang ada diweb.

Lalu kamu pilih dimana file kamu yang ingin kamu upload, jika sudah tinggal pilih open.

pada saat mengupload file, kamu bisa mengupload beberapa file dalam sekali sesi upload.

Dan jika sudah selesai uploadnya, maka kamu akan ke redirect ke tempat file kamu berada.

Dan untuk melihat file yang kamu upload, kamu tinggal klik aja file yang kamu sudah upload, dan filenya pun langsung terbuka.

Sekian dahulu ya tutorial dari saya, mudah-mudah bermanfaat untuk pembaca semua, untuk artikel selanjutnya, tungguin aja ya postingan baru diblog saya. J

Membuat Web Cloud Sederhana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Januar Fadilah

1 komentar:

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.