Sunday, December 9, 2012

Konvergensi Teknologi



Pengertian
Sebelum kita membahas konvergensi teknologi ada baiknya kita kenalan dulu dengan konvergensi , langsung saja ke pembahasan. Konvergensi dapat merujuk pada teknologi yang sebelumnya terpisah, seperti suara (dan fitur telepon), data (dan produktivitas aplikasi) dan video, yang sekarang berbagi sumber daya dan berinteraksi antara satu dengan yang lain, sinergis menciptakan efisiensi baru. Jadi Konvergensi teknologi itu adalah penyatuan / penggabungan berbagai layanan dan teknologi komunikasi serta informasi (ICTS – Information and Communication Technology and Services).
Contoh Konvergensi Teknologi
Berdasarkan dari pengertian diatas yang termasuk ke dalam konvergensi teknologi adalah :
·         Smartphone

(smartphone) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti telepon cerdas. Bagi beberapa orang, telepon pintar merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, telepon cerdas hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat papan ketik (baik sebagaimana jadi maupun dihubung keluar) dan penyambung VGA. Dengan kata lain, telepon cerdas merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon.
·         Streaming TV
Streaming tv merupakan gabungungan antara chanel tv dengan internet. Jadi jika biasanya kita itu menonton tv itu harus ditv, kini dengan ada adanya streaming tv ini kita bisa menonton tv dimanapun asalkan kita terhubung dengan internet dan memiliki browser. Dengan adanya streaming tv ini selain kita hanya menonton channel yang kita sayang, kita juga bisa berpartisipasi dalam berita yang ditayangkan tersebut. Karena biasanya tv streaming itu sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk komentar, jadi kita bisa mengomentari berita yang sedang terjadi dan komentarnya bisa dilihat oleh banyak orang

·         Radio 2.0
Dengan teknologi Radio 2.0, siaran radio akan dapat dinikmati pendengar secara analog (AM/FM), digital, internet & mobile (live streaming dan podcasting) dan situs jejaring (facebook, twitter, dll). "Substansi teknologi Radio 2.0 adalah memanfaatkan teknologi terkini untuk mendukung semua aspek yang berkaitan dengan radio. Tapi teknologi Radio 2.0 ini bukan semata-mata radio di internet saja," Tidak hanya cara mendengarkan radio saja yang dikembangkan dengan Radio 2.0. Bagaimana pekerja di stasiun radio berkoordinasi, monitoring pemasang iklan, hingga pengawasan siaran pun dapat dilakukan secara real time. "Teknologi tersebut memungkinkan siaran streaming, podcasting, dan semua data yang dibutuhkanstakeholder dapat diperoleh secara online, real time,". Selama ada koneksi internet, pekerja di radio dapat me-manage dan me-monitor seluruh kegiatan siaran, mulai dari perencanaan materi siaran, jadwal iklan, hingga susunan lagu. "Semua orang hampir tidak perlu lagi ke studio untuk mengatur siaran. Hanya penyiarnya saja yang datang," tambahnya. Dengan begitu, pekerja di radio dapat lebih fokus pada peningkatan kualitas siaran

·         Internet Banking
Internet Banking adalah fasilitas layanan yang diberikan kepada nasabah untuk melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet. Layanan ini dapat digunakan kapan saja dan di mana pun yang memiliki akses internet, sehingga mempermudah penggunanya. Anda dapat melakukan berbagai transaksi melalui Internet Banking, diantaranya Cek Saldo, Mutasi Rekening. Transfer Antar Rekening, Pembayaran Tagihan, Dan Lain-lain
·         E-tiket
Jika dahulu kita jika ingin membeli tiket, misal tiket pesawat, tiket kereta, tiket bus, tiket konser, dll. Kita harus datang langsung kepada yang menjual tiketnya. Dengan adanya e-tiket ini kita dapat membeli tiket dimanapun asalkan kita terkoneksi dengan internet. dengan adanya e-tiket ini kita bisa mendapatkan informasi yang detail dan kita pun dapat dengan mudah memilih jadwalnya sesuai dengan yang kita inginkan.
·         Pendaftaran Online
Sama halnya dengan e-tiket, jadi dengan menggunakan browser yang terhubung dengan internet kita dapat mendapaftarkan diri kita dengan Online, misal pendaftaran SMPTN, pendaftaran mahasiswa baru, pendaftaran siswa kini sudah pada menerapkan pendaftaran online. Jadi dengan adanya pendaftaran online ini kita tidak perlu repot lagi untuk mengantri dan mendatangi tempat pendaftarannya untuk melakukan pendaftaran Dan waktu prosesnyapun bisa lebih cepat (sesuai dengan kondisi bandwitch Clint dan server, apabila Clint memiliki bandwitch yang besar dan serverpun sama maka proses bisa jadi cepat, apabila tidak maka sebaliknya aksesnya akan menjadi pelan).
Dampak Kovergensi
Terjadinya perubahan dalam gaya hidup sehari-hari, antara lain terlihat melalui:
  • Munculnya “gaya hidup digital” dan gaya “hidup on line” dengan penggunaan komputer dan LAN secara meluas, paperless office, real time data (untuk ATM dan Banking system, Airline reservation, dsb).
  • Memasyarakatnya “cybermedia” dan “cybersociety” sejalan dengan meluasnya pemakaian internet, aplikasi chatting, e-mail, dan e-commerce serta e-banking.
  • Munculnya “gaya hidup mobile” dengan menggunakan ponsel secara luas serta pemanfaatannya untuk m-commerce dan m-banking.

Referensi
·         Setiawan, Judhie, M.Si (2010). Teknologi Komunikasi. http://www.slideshare.net/judhie/konvergensi
Diakses pada 23 November 2012
·         Telepon cerdas. http://id.wikipedia.org/wiki/Telepon_cerdas
diakses pada 28 november 2012
·         Internet Banking. https://ib.bri.co.id/
Diakses pada 28 november 2012
·         Yulianti, Tya Eka (2010). Radio 2.0 Bukan Sekadar Radio Online. http://inet.detik.com/read/2010/04/13/171658/1337604/398/radio-20-bukan-sekadar-radio-online
Diakses pada 3 Desember 2012

Konvergensi Teknologi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Januar Fadilah

2 komentar:

  1. Hei kawan, Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.