Thursday, October 4, 2012

New Media, keuntungan dan kerugiannya


Sering kali kita mendengar istilah new media di Zaman yang semakin maju ini, dan apakah  new media itu? kalau kita telusuri dari kata-katanya new media itu terbentuk dari dua kata yaitu new dan media. new (dalam bahasa inggris) memiliki arti kata baru (dalam bahasa indonesia), sedangkan media menurut kamus besar bahasa indonesia yang telah disempurnakan yaitu alat (sarana) komunikasi seperti koran , majalah, radio, televisi, film, poster / spanduk. jadi new media itu adalah sarana baru untuk berkomunikasi baik manusia kemanusia maupun manusia ke mesin (Komputer) seperti Portal berita, Majalah  Ebook, Ponsel, TV Streaming, Jejaring Sosial, SmartPhone Dsb.
Portal Berita
Jika Dahulu Kita membaca Berita Itu dapat beritanya yang  peristiwa kemarin / yang lampau terjadi (Koran) kini dengan adanya portal berita kita dapat  membaca beritanya secara realtime bahkan kita dapat mengikuti perkembangan beritanya tersebut. 
Majalah Ebook
jika dahulu kita terlalu repot dengan banyaknya majalah yang kita ingin kita baca sekarang dengan adanya majalah yang telah dijadikan ebook kini kita bisa membaca majalah yang kita sukai dimanapun tanpa harus keberatan dengan banyaknya majalah yang ingin kita baca.
Ponsel
jika dahulu kita berkomunikasi dengan menggunakan radio kini dengan adanya ponsel kita dapat berkomunikasi dimanapun (Selama mendapatkan sinyal dari operator), selain berkomunikasi ponsel juga dapat untuk mengirim sms/mms/email, bisa buat internetan, mengambil gambar, bertukar file dsb.
Streaming TV
Jika dahulu kita menonton televisi, apalagi Jika itu acara yang kita sukai padahal kita sedang repot-repotnya tapi dengan adanya streaming tv kita dapat manonton televisi dimanapun dan kapanpun karena sudah ada server yang merekam acara-acara televisi, jadi kita tidak perlu khawatir untuk tertinggal dengan acara televisi yang kita sukai bahkan kitapun dapat mengulangnya berkali-kali hingga kita paham dengan acara tersebut.
Video Game
Jika Dahulu Kita Hanya Menonton video tapi sekarang dengan Video Game kita dapat memainkan sendiri cerita dalam video tersebut.

Beriklan DiInternet
Jika dahulu kita jika ingin beriklan sesuatu kita menggunakan poster/spanduk  yang menurut saya itu malah merusak keindahaan kota dan dapat bebahaya bagi keselamatan jika memasangnya asal terap saja, tapi dengan semakin majunya teknologi saat ini kita dapat menaruh iklan kita diinternet, dan iklan diinternet kita akan mendapatkan pelanggan yang benar-benar membutuhkan produk kita dan juga konsumen dapat menanyakan produk kita jadi tidak terjadi penyesalan dengan produk kita malahan jika konsumennya puas dia bisa memberitahukan produk kita keteman-temannya baik yang didunia maya maupun dunia nyata. 
Jejaring Sosial
Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan situs-situs popoler jejaring sosial seperti facebook, twitter atau google plus, jejaring sosial berperan penting dalam menghubungkan masyarakat, kini dengan adanya jejaring sosial ini kamu dapat dengan  mudah mencari teman-teman lama mu yang sudah lama tidak bertemu yang mungkin sulit dilakukan didunia nyata, dan dengan adanya jejaring sosial kini masyarakat menjadi semakin terbuka.
SmartPhone
Jika dahulu kita jika ingin mengerjakan pekerjaan kantor melalui komputer, namun dengan berkembangnya teknologi kini kita bisa melakukan pekerjaan hanya dalam satu perangkat saja, yaitu dengan menggunakan smartphone, bahkan fitur-fitur smartphone semakin lengkap seperti kita bisa browsing internet, streaming video, mengecmengambil gambar, video, melihat gambar, menonton video, mengerjakan perkerjaan kantor seperti mengetik, membuat presentasi, menampilkan presentasi, bermain game, dan masih banyak lagi keggunaannya, bahkan smartphone sekarang kinerjanya sudah hampir setara dengan komputer.
Dampak Positif dengan adanya new media
Dengan adanya new media hidup kita kini dipermudah dengan adanya new media ini, misalkan kita dapat menggunakan jejaring sosial untuk mencari teman lama kita yang sudah lama tidak bertemu. Dan dengan adanya new media ini kita dipermudah dalam mendapatkan informasi, bertransaksi, mencari lokasi, dsb.
Dampak Negatif
Dengan adanya new media memang hidup kita dipermudah, tapi kita banyak melupakan hal, seperti dengan adanya jejering sosial memang kita dipermudah mencari teman dan menambahkan banyak teman, tapi yang terjadi malah sebaliknya kini pengguna jejaring sosial mulai melupakan kehidupannya didunia nyata, seperti menjauhi orang yang dekat, pengguna jejaring sosial lebih tertarik berbicara lewat jejaring sosial dari pada langsung berbicara kepada orangnnya langsung dan sulit untuk terlepas pada jejaring sosial.
Dan dengan semakin berkembangnya teknologi ini maka kejahatan semakin cangging pula, kini penjahat dapat dengan mudah mencari informasi-informasi dengan adanya jejaring sosial ini, pengguna jejaring sosial cenderung memberikan info  tentang dirinya yang lebih lengkap dibandingankan dengan info ktpnya, jadi para penjahat dapat menebak seperti sandi, no pin / lainnya hanya berdasarkan info kita yang kita pajang di jejaring sosial kita, jadi kita harus semakin hati-hati jika ingin memberikan info kita dijejaring sosial, berikan saja info seperlunya jangan berlebihan.

New Media, keuntungan dan kerugiannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Januar Fadilah

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.