Thursday, March 22, 2012

Budaya Betawi

Berhubung saya itu orang betawi maka saya akan menjelaskan suku saya, yaitu suku betawi. Budaya beawi adalah budaya yang berasal dari daerah jakarta. Budaya betawi merupakan hasil dari proses asimilasi, yaitu perpanduan beberapa budaya hingga terbentuklah budaya yang baru. Emang iya si kan dulu jakarta itu menjadi pusat pemerintahan belanda dan banyak pelayar yang bersinggah
dijakarta, jadi wajar kalo betawi itu hasil asimilasi dari beberapa budaya.



Bahasa Khas Betawi

Pada dasarnya betawi itu memiliki keunikan dalam berbicara yaitu selalu menggunakan akhiran 'e' dalam percakapannya. Dan bahkan bahasa betawi pun ada yang dijadikan bahasa nasional anak gaul diindonesia, hehehehe. Seperti kata gue dan elu. Kata gue dan elu ini kini sudah merupakan bahasa yang digunakan oleh masyarakat indonesia umumnya apalagi anak mudanya. Tapi pada dasarnya bahasa gue dan elu itu digunakan untuk percakapan kepada orang yang sepantaran dengan kita, dan jika digunakan untuk berbicara kepada orang yang lebih tua oleh kita, maka kita akan dibilang songong atau mengucapkan kata yang tidak sopan kepada orang yang lebih tua dari pda kita, karena kata gue dan elu itu adalah bahasa kasarnya betawi, sebaiknya jika untuk orang yang lebih tua menggunakan kata ane dan ente, kata ane dan ente ini biasa diucapapkan dalam perccakapan sehari-hari orang betawi kata ane dan ente ini merupakan hasil penyerapan dari bahasa arabnya ana dan anta yang artinya saya dan kamu.



Kesenian betawi

banyak sekali kesenian khas dari daerah betawi seperti Gambang Kromong, Gambang kromong merupakan kesenian khas betawi yang menggunakan alat-alat musik yang modern seperti keybroad dan gitar lisrik setelah diperkenalkan oleh H. Benyamin. Dan kesenian lainnya yang dari betawi adalah ondel-ondel, Lenong dan Rebana tanjidor.



Senjata Tradisional

Senjata Khas Betawi adalah bendo atau golok. Keunggulan senjata ini adalah selain bisa melawan musuh, senjata ini juga memiliki banayk fungsi seperti bisa menebang pohon, menyemblih hewan, dan maasih banyak lagi deh kegunaannya.



Makanan Khas Betawi

kalo bicara budaya pasti kurang lengkap kalo ga ngebahas makanan khas dari daerah itu sendiri. Sebenarnya si banayk banget makanan khas dari betawi itu dan saya ingin menjelaskan makanan yang populer di betawi, yaitu yang pertama kerak telor, kerak telor ini adalah salah satu makanan kas dari sekian banyak makanan khas betawi, makanan yang terbuat dari bahan utamanya telor bisa telor ayam kalo ga telor bebek yang penting telor, hehehehe dan dicampur ketan dan kelapa yang sudah digoreng dan dikeringkan dengan ditaburi bawang diatasnya, yang pastinya membuat kamu ingin mencobanya, dan kalo udah nyobainya pasti bakalan ketagihan, hehehehe. Dan makanan yang laiinya seperti soto betawi, roti buaya ada yang unik dari roti buaya, yaitu makanan ini adalah roti yang disajikan oleh masyarakat betawi pada waktu lamaran/nikahan. Kenapa buaya yang dipilih? Padahalkan kata buaya itu ada yang mengartikan negatif, seperti buaya darat, padahal sebenernya buaya itu adalah hewan yang setia jadi maka dari itu buaya dipilih sebagai masyarakat betawi sebagai roti pada saat lamaran jadi diharapkan agar sang mempelai selalu setia sampai kapanpun dan tidak mengkhianati pasangannya.



Sekian Dahulu Ya cerita betawi dari saya semoga artikel yang saya berikan ini bergunak untuk kamu.

Budaya Betawi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Januar Fadilah

1 komentar:

  1. hei kawan, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti
    - www.gunadarma.ac.id
    - www.studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain
    karna link link tersebut mempengaruhui kriteria penilaian mata kuliah soft skill
    makasi :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.